Tuesday 15 September 2015

Bencana Nasional..

Kabut asap. Bencana ini mungkin udah terlalu sering jadi masalah buat Indonesia. Beberapa dari mereka jadi masalah besar buat Indonesia dan tetap saja, penanganannya lamban. Hayo siapa yang salah?

Kira-kira udah berapa minggu sejak awal kabut asap itu muncul, belum ada penanganan. Sekarang, si Kabut Asap ini udah bertambah parah dan sangat mengkhawatirkan keadaannya menurut gue. Sering gue liat update-an temen-temen gue yang berdomisili di Riau dan Jambi nge-post foto-foto keadaan kota disana. Gue cuma geleng-geleng kepala deh ngeliat foto itu. Yup, no words to say.

Menyedihkan memang. Kalau dari beberapa sumber yang gue baca sih, katanya kabut asap ini berasal dari kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Muaro Jambi. Nah, kebakaran hutan itu siapa yang jadi penyebabnya? yah, kita cuma bisa menduga-duga. Bisa jadi orang-orang proyek yang pengen buka lahan, bisa jadi memang iseng-iseng bakar, eh kebakaran beneran, bisa jadi petani yang lagi bukak lahan(dengan cara membakar tanaman yang sebelumnya) tapi waktu ngebakar, anginnya terlalu kencang, jadi melebar deh. I mean, jangan langsung ambil kesimpulan deh untuk soal yang beginian. 

Buat yang belum tau gimana keadaan disana, ini nih gue kasih liat beberapa potret keadaan disana.

Sumber : Google

Sumber : Web

Sumber: Web

Nah, kalau udah begini keadaannya kita mau ngapain coba? Mau marah-marah aja? Mau ngeluh? Atau pasrah aja? It's up to you guys. Tapi, beberapa teman-teman bikin twit bomb gitu. Menurut gue, ini aksi yang positif sih. Dengan bikin twit yang direct langsung ke Presiden Jokowi, mereka langsung to the point aja gitu. Ya teknologi juga membantu kita sih, bro. Twit kan ngga bayar, energi yang dikeluarkan juga dikit, waktu juga hemat kan dan satu lagi, twit ini langsung sampai ke alamat! hehehe *poke pak @jokowi


Yaah, kalau gue pribadi sih mending berdoa aja deh. Terus dukung apapun bentuk aksi positif yang teman-teman lakukan untuk menyelesaikan bencana Nasional ini. Semoga aja sekolah-sekolah bisa lanjut sekolah lagi, yang terkena ISPA cepat sembuh, yang berkendara bisa lebih hati-hati ya lihat jalan dan pemerintah bisa cepat membantu menyelesaikan masalah ini. Amin

NB: kalau teman-teman mau dukung aksi #MelawanAsap, jangan lupa bikin twit dan kasih hastag #MelawanAsap. Oke guys, semangat! Indonesia satu!


No comments:

Post a Comment