Monday 25 July 2011

Kongres Anak Indonesia, Sejuta Cerita

"Aku anak indonesia.. anak yang merdeka..
satu nusaku, satu bangsa ku, satu bahasaku..
indonesia.. indonesia..
aku bangga menjadi anak indonesia.."

Itu adalah lirik lagu kebangsaan anak" yang selalu kami nyanyikan sewaktu Kongres Anak Indonesia X di Hotel Grand Royal Panghegar, Bandung 19 sampai 24 juli 2011 kemaren.. 

tinggi banget

enak tidur disini

seru! gabung sama anak kalimantan


Sangat menyenangkan sekali berada disana.. waktu gue berangkat hari selasa kemaren, gue ngerasa beraaaattt banget ninggalin padang, ninggalin Tri Mas Gombal, Greatline, Osis, si Pariaman*ehm*.. pokoknya berat sekali.. rasanya gue pengen mundur aja dari kongres ini.. tapi gue urungkan niat sesat itu karna gue adalah duta anak sumbar yang harus memperjuangkan hak" anak yang belom di dapat anak" kurang beruntung di daerah sumatera barat.. akhirnya gue berangkat juga ke jakarta..

salaman sama ibu neti

Pertama kali yang harus gue kasih tau adalah.. ALPHARD, mobil mewah yang harga nya hampir 1 M itu, jadi TAXI di jakarta.. walopun itu taxi executive, tapi tetep aja taxi.. hahahaha gue gamau lah beli alphard besok..

Baru aja masuk hotel, dan cek in.. 
"rek.. ayo rek.. coba.. iki tahu aku seng masak dewe.. dari jatim.." ada anak jatim datengin kita dan nawarin tahu khas jatim..
*gue coba* rasanya kayak UPIL, hambar.. tapi ternyata itu makannya bareng sambelnya.. dan gue cocolin deh tu tahu.. ternyata enak banget.. hehe

Kegiatan hari pertama adalah pembukaan kongres di gedung merdeka, gedung bersejarah tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika.. tempatnya megah.. gue aja merinding pas masuk kesana.. 

Pembukaan di lakukan dengan memainkan angklung.. dan di lanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan kita.. waaahh keren abeshh!!!! gue bener" merinding waktu itu.. sangat mengagumkan.. 

Tapi dari hotel, kita semua jalan kaki, karna hotel-gedung deket.. 



Bangga nyaa gue

Dan di jalan, kita dapat kejutan permainan alat musik yang hebat dan kreatif dari anak" bandung.. yang mainnya pake tong, ember, seng, baskom, balon, dll itu looohh.. gue ga tau grup apa itu namanya.. yang main cantik" dan keren" braayyy... gokil! asek banget! ini dia..

gelis bener euy




Dari kongres kemaren, gue seneng banget bisa ketemu sama duta" anak dari seluruh provinsi di indonesia.. menyenangkan sekali, merasa bangga.. dan disitu, ada 2 orang yang menjadi idola gue, panutan gue.. adalah bang deden(Duta Anak Komisi Jaringan 2011), dan Idris(Duta Anak Komisi Perlindungan Khusus 2011 dari Jabar)..
Multitalent banget, bisa main alat musik, bisa main magic, hipnotis, duta anak lagi..
Bang deden adalah seseorag yang sangat gue idolakan, beliau bercerita bahwa dulu.. sia pernah berjalan" dan  menemukan ada satgas yang memaksa anak" jalanan naik ke mobil patroli.. dan seketika bang deden mendatangi satgas tersebut dan memberi tahu ke satgas tersebut bahwa anak" jalanan juga punya hak untuk di perlakukan baik.. namun, satgas itu tidak mendengarkan kata" bang deden.. bahkan orang" itu mengusir bang deden dan MENENDANG beliau.. :'( sesaat setelah mendengar cerita itu, air mata gue ngga bisa di tahan lagi.. gue ga pernah liat orang yang begitu peduli nya sama anak" jalanan.. salut banget gue sama bang deden! semangat bang! :')

dan Idris.. seorang anak yang "kurang sempurna", dari jabar, yang ngomong saja susah, terengah-engah.. pertama kali gue kenalan..
"haloo.. ini namanya siapa ya?" gue ngajak kenalan.. ngasi tangan gue..
*dia bales salaman gue*"i..id..idris.."

Ya Allaaaahhh.. saat itu gue bersyukur banget bisa terlahir seperti ini.. terima kasih ya Allaahh :).. dan satu lagi, sewaktu sidang komisi perlindungan khusus.. teman" disana nanya idris..

"Idris.. kalo boleh minta.. idris mau minta apa sama pemerintah??"
"idris mau.. idris gamau dibeda-bedakan sama yang laiiinnn...." dia ngomong dengan nada datar.. dengan lugunya..  
*JLEB* gue nangis lagi..
bayangkan betapa hebatnya dia..

Dengan itu dia terpilih jadi perwakilan komisi perlindungan khusus untuk menjadi duta anak.. 

Sewaktu membacakan visi misi, idris berbicara grogi, terengah-engah, seperti orang yang lagi asma.. sangat menyedihkan untuk di ceritakan.. *gue merinding pas ngetik ini*

Satu hal lagi, meskipun kita, duta anak sumbar ga dapet duta anak nasional, tapi kita sadar bahwa, KITA ADALAH DUTA BAGI DIRI KITA SENDIRI.. DAN KITA SENDIRI YANG HARUS MEMPERJUANGKAN HAK-HAK KITA.. duta anak nasional adalah hanya sebuah bonus untuk kita.. 

Jadi mari kawanku, kita bersyukur dan perjuangkan hak" anak di indonesia.. mari kita teriak kan nama Anak Indonesia !! dan bangga lah menjadi anak indonesia!!!

Anak Indonesia.. Luar Biasa!!! Anak Indonesia.. Merdeka, ya!! 
SIAPA KITA??!!!!!!!

INDONESIA!!!!

Hidup anak indonesia.. :)

7 comments:

  1. duta anak tugas nya apa an bang,..?

    ReplyDelete
  2. duta anak ituu tugas nya menyuarakan, menkampanyekan atau memperjuangkan hak-hak anak yang tidak di dapatkan oleh anak-anak..

    ReplyDelete
  3. Pekerjaan mulia tuh duta anak...

    ReplyDelete
  4. keren ekh .. nee gw dr LA kab.malang , kmrin anggota kita jg iut kztu dia mewakili jawa timur juga euy ..

    ReplyDelete