Tuesday 2 October 2012

Don't Judge People..

Minggu ini adalah neraka pertama gue di perkuliahan! 

Hhh fuck! yup, gue UTS alias Mid Semester.. dan gue, seperti biasa, belom siap dengan materi yang ada. karna gue.. ah, sudahlah..

Hari ini adalah hari  pertama gue ujian dan semua berjalan lancar(mungkin). Materi kuliah pertama yang di uji adalah Botani. naah, menurut gue botani adalah salah satu mata kuliah yang ga bermasalah banget, soalnya gimana ya, pas kuliah, dosen botani ini adalah dosen yang top(buat gue). beliau kalo ngajar itu ya bener" ngajar, beliau ngajar sampe anak didiknya bener" ngerti. jadi gue udah ngerti pelajaran ini dari sejak gue di kelas. 

Tapi... tetep aja gue ga yakin atas apa yang gue tulis di  lembar jawaban tadii!!!! *nangis darah*



Selesai ujian, gue keluar dan ketemu temen gue si **** dan kami terlibat sebuah percakapan kecil yang bermakna.(Percakapan ini gue translate dari bahasa minang ke bahasa indonesia)

Temen  : Gimana gung, isi semua ujiannya?
Gue      : Ngga bro, ada yang kosong 3 tadi..
Temen  : Aku ga abis pikir liat orang" di ruangan tadi, semua pada sibuk liat kiri kanan, ada yang nanya temen, liat jimat(contekan), ada-ada aja.. haha
Gue      : Kamu ujiannya gimana?
Temen  : Aku ga isi semua. aku udah yakin dapet nilai rendah. soalnya aku ga belajar. tadi di kelas aku cuma isi apa yang aku tau aja. aku gamau ikut-ikutan temen-temen yang liat kiri kanan, nanya depan belakang, liat contekan, ngga lah..
Gue      : Loh ntar kalo kamu dapat nilai rendah trus kamu ngulang tahun depan gimana?
Temen  : Aku lebih milih dapet nilai rendah tapi hasil sendiri, daripada aku nyontek punya temen. kalo aku mau, aku bisa aja nyontek punya temen trus dapet nilai tinggi. tapi aku ngga, aku gamau..(ngomong dengan gaya cuek)
Gue      : .....
Temen  : Aku kuliah disini buat cari ilmu, bukan cari nilai. buat apa kuliah 3,5 tahun, tapi ga dapet ilmu, cuma dapet nilai tinggi. percuma aja..(Ngomong dengan gaya cuek)
Gue      : *dalem hati* Subhanallaah..

Gue diem sejenak denger kata-kata dia.. gue ga nyangka, dan sempet ga percaya atas apa yang barusan dia bilang. I mean, si **** ini  adalah orang yang kalo di kampus bisa di bilang paling preman; cuek banget, jarang masuk, suka ngelawan ke senior, pokoknya kayak ga niat kuliah gitu. tapi di balik cover-nya yang begitu, ternyata dia adalah orang yang tulus dalam menuntut ilmu. Gilak! Gue bener-bener ga percaya.

Intinya adalah gue salah, gue sudah menilai dia sebagai orang yang "negatif" karna prilakunya yang cuek dan seperti tidak niat kuliah. Tapi ternyata di balik itu semuua, ternyata dia adalah orang yang gue belom bisa percaya sampe sekarang. memang sulit di percaya, tapi setelah gue inget-inget, di kelas sewaktu ada kuis, gue liat dia, dan dia memang tidak  pernah nyontek. dia pernah dapet 0 karna dia ga jawab apa-apa. pas gue tanya kenapa dia dapet 0, dia jawab,"aku ga tau mau jawab apa.. aku ga belajar.."

Jangan nilai orang dari luarnya. 
Orang yang cuek bukan berarti dia tidak memperhatikan, 
Orang yang kasar bukan berarti dia tidak punya  hati, 
Orang yang dari luar terlihat mampu bukan berarti dia adalah orang yang kaya
Orang yang dari luar terlihat biasa-biasa saja, bukan berarti dia tidak memiliki aksi

Penampilan seseorang bisa jadi sangat berbeda  dengan kepribadiannya


2 comments:

  1. Melihat dari sisi lain, nice post

    ReplyDelete
  2. Banyak kok Gan orang orang yang kaya gitu, jaman sekarang harus melihat lebih dalam sebelum menilai seseorang. keep posting masbro

    ReplyDelete