Thursday 2 May 2013

..Mitos..




Gue akhir-akhir ini jadi agak sensitif gitu tentang mitos. banyak orang yang ngelarang gue ini lah, itu lah.. contoh:

"eh gung.. lo kalo nyebrang liat kanan kiri ya.."
"loh kenapa?" gue penasaran.
"ntar ketabrak.."
*gue mati*

atau contoh lain..

"gung... kalo ngupil itu mending pake telunjuk deh.."
"wah kenapa?" gue jawab.
"iyaaa soalnya kalo pake jempol ga muat.."
oke. bunuh gue sekaraaaaanngggg!!!!

Dari kecil gue udah di jejali dengan sedemikian rupa mitos-mitos yang pada dasarnya gue ga ngerti. jadi dulu kalo gue di bilangin sama ortu, atau temen-temen gue tentang mitos, yaudah.. gue percaya aja.

Sebenarnya mitos itu apa sih? mitos adalah prosa rakyat atau cerita rakyat yang menceritakan tentang masa lampau, dan juga menceritakan apa-apa yang ada didalam alam semesta, serta benar-benar di anggap ada.
atau dalam bahasa dari gue adalah cerita orang yang ga harus kita percaya benar atau tidaknya. Dari kecil gue udah diajari tentang mitos, ini beberapa diantaranya:

1. Ga Boleh Motong Kuku Malem-malem
           Ini yang ngajarin bokap. jadi ceritanya bokap pernah mendapati gue lagi motong kuku malem-malem. trus beliau bilang,"gung.. jangan motong kuku malem-malem, nanti ketemu setan..". gue bingung, bertanya-tanya, apa hubungannya kuku sama setan? akhirnya gue percaya. beberapa hari kemudian, gue menemukan bokap motong kuku malem-malem, trus gue tanya,"bapak kok motong kuku malem-malem?" trus beliau jawab dengan santai,"setannya kan takut sama bapak..".
            Sejak saat itu gue tau, kalo mau motong kuku malem-malem, gue harus punya al-quran di samping gue. biar setannya takut.

2. Kalo Tengkurep, Jangan Nekuk Kaki ke Atas
            Waktu itu masih SD, masih unyu, masih polos, dan masih kencing berdiri(emang sekarang jongkok?). Gue main ke rumah temen gue yang pinter dan selalu juara kelas. karena rumahnya asik, gue tengkurep di kampret karpetnya sambil nekuk kaki gue ke atas. trus dia heboh gitu,"eh gung jangan tiduran kayak gitu.." pas gue tanya kenapa, dia jawab "nanti ortu kamu cepat meninggal.."
             Gue bertanya-tanya dalem hati, apa hubungannya nekuk kaki, sama meninggalnya orang tua? apa kaki adalah senjata ampuh untuk membunuh? kalo gitu, sebaiknya semua tentara ketika perang pada tengkurep sambil nekuk kaki ke atas, biar lawannya pada mati semua, dan akhirnya menang.

3. Kalo Nabrak Mati Kucing, Bangkenya Harus Langsung di Kuburin
             Gue tau, ini agak sedikit horor. masalahnya banyak temen-temen gue yang cerita kalo dia sering liat orang yang nabrak kucing sampe mati, trus bangkenya di biarin gitu aja. beberapa saat kemudian dia mati tabrakan juga. serem ah, mending gue denger cerita spongebob.

4. Kalo Makan Itu Pake Tangan
              EYANG SUBUR JUGA TAU KALO MAKAN ITU PAKE TANGAN. GA MUNGKIN KAN PAKE TETEK !!! -_______-

Udah ah, itu sedikit mitos sesat yang udah orang-orang ajarkan sama gue. lo boleh percaya apa engga, itu pilihan lo. gue sih percaya #eh

Kalo kalian punya cerita lain, share yuk di comment box :D

Salam santai :)

1 comment: