Friday 31 May 2013

Yuk Kesini!

Akhir-akhir ini gue jalan, di kiri-kanan jalan selalu ada dan selalu gue temui spanduk-spanduk berwarna orange yang bertuliskan Tour De Singkarak. Yap, sekedar info aja nih buat teman-teman gue yang di luar Sumbar, ada sebuah acara bergengsi tahunan dimana semua pembalap sepeda dari seluruh dunia menjajal kerasnya aspal di Sumatera Barat ini.. Nah, itulah Tour De Singkarak, sama kok kayak Tour De France, cuma beda benua dan rute aja hehe..

Ngomong-ngomong tentang Sumatera Barat, kali ini gue pengen bilang ke teman-teman pembaca bahwa pariwisata di Sumbar ini ga kalah keren lho dari pariwisata kota-kota lain di Indonesia. Berikut gue kasih tempat-tempat rekreasi rekomendasi gue:

1. Jam Gadang, Bukittinggi

Ada yang pernah bangun subuh-subuh trus nyalain tv dan liat sesi adzan subuhnya ga? Nah, Bukittinggi pernah jadi salah satu tempat shooting-nya loh. Gambar yang gue tampilkan diatas adalah Jam Gadang, siapa sih yang ngga tau Jam Gadang? Jam Gadang adalah Big Ben versi Bukittinggi yang di bangun dimasa penjajahan Belanda waktu itu. Jam Gadang sudah mengalami beberapa kali perombakan teman-teman, karena sempat rusak disebabkan oleh bencana alam. Tapi sekarang, Jam Gadang sudah menjadi 'Maskot' kota Bukittinggi. Jadi kalo teman-teman mau jalan-jalan ke Sumbar, Ga lengkap deh rasanya kalau belum main ke Bukittinggi, apalagi Jam Gadang..

2. Pantai Carocok, Painan


Nah, ini adalah salah satu tempat favorit gue kalau lagi jenuh, stres, gue pasti kesini. Tempatnya seru, damai, dan paling bisa bikin gue lepaskan beban pikiran. Kalau main ke tempat ini enaknya bawa teman-teman atau pacar hehe.. 
Pantai Carocok letaknya ngga susah kok dicari. Kalau udah sampai painan, lurus aja, terus tanya mas-mas tukang ojek atau warga sekitar, pasti mereka tau. gampang kan? Kalau teman-teman main kesini, gue rekomendasikan teman-teman untuk nyebrang ke pulau, naik boat yang ongkosnya 10.000/org (untuk dewasa) dan 5000/org (untuk anak-anak). Naah di pulau kecil itulah teman-teman akan mendapatkan kedamaian apalagi kalau teman-teman bisa dapet spot yang tenang, sepi. Waaah bisa-bisa ketiduran tuh disana..

3. Puncak Cemara & Museum Kereta Api, Sawahlunto

Pemandangan Kota Sawahlunto dari atas Puncak Cemara
Gue lagi foto di Museum Kereta Api
Waktu itu gue sama beberapa teman touring ke beberapa kota, dan kota pertama yang kita datangi adalah Sawahlunto. Buat gue, Sawahlunto adalah Bandung-nya Sumatera Barat, karena bangunan-bangunan yang ada disini banyak yang mirip sama bangunan-bangunan di Bandung sana. Jadi kalau gue main ke kota ini, gue jadi kayak jalan-jalan ke Bandung. Tapi tetap, semua kemiripan itu hanya kebetulan, masih banyak sentuhan-sentuhan khas Minang-nya teman-teman. Kota kecil ini juga asik, cuacanya ga panas, penduduknya juga ngga begitu ramai. Tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran, apalagi buat yang baru putus hehe..

4. Istana Pagaruyung, Batusangkar



Salah satu tempat dimana teman-teman bisa liat Rumah Gadang-nya Minangkabau adalah di Kota Batusangkar, tepatnya di Istana Pagaruyung. Istana Pagaruyung ini terdiri dari 11 gonjong, 72 tonggak dan 3 lantai dan yang paling penting ada "Rangkiang" di samping kanan dan kiri Rumah Gadang. Buat yang belum tau rangkiang itu apa, Rangkiang adalah tempat untuk menyimpan hasil panennya rakyat Minang.
Tempat ini adalah tempat dimana kita belajar tentang budaya Minangkabau karena disini "atmosfer"-nya Minangkabau banget. Buat teman-teman yang main kesini jangan kaget kalau bakal liat banyak polisi yang "nongkrong" di sekitar istana. Polisi-polisi ini bertugas menjaga Istana Pagaruyung ini teman-teman. Dan yang terakhir, tetap jaga kebersihan lingkungan ya teman-teman hehe..

Sepertinya itu aja tempat-tempat yang gue rekomendasikan untuk teman-teman sekalian. Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata lain yang ada di Sumbar, gue ngga mau kasih tau semua biar teman-teman penasaran hehehe.

Naah buat teman-teman gue yang ada di Jakarta, Bangka Belitung, NTB, Jogja, Bandung.. Yuk Kesini ! 


No comments:

Post a Comment