Tuesday 6 August 2013

Mengenal hidup..


Kira-kira sebulan lalu Ramadhan dimulai dan gue ngerasa sangat excited untuk jalani puasa ini. Ngga tau juga kenapa, yang jelas gue semangat dan ga sabar untuk puasa, semakin cepat puasa semakin baik. Entah karena gue ngarepin Hari Idul Fitrinya, uang THRnya, atau kue-kue kering khas lebaran; nasar contohnya..

Ramadhan kali ini sebenernya agak sedikit berbeda dari ramadhan-ramadhan gue sebelumnya. Soalnya gue dan temen-temen di EO ada bikin program kecil-kecilan yang (pada awalnya berharap sukses..tapi..) pada akhirnya... (sebut saja..gagal). Hmm kalo ditanya programnya apaan, gue kasih bocoran deeh.. jadi dalam menyambut bulan suci ramadhan kita pengen ngajak para wiraswasta dan perusahaan-perusahaan baik yang besar maupun kecil untuk ikutan program Semarak Ramadhan namanya; membuat spanduk ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dan Idul Fitri. Yaa.. kira-kira gitu deh.. *usap air mata*

Gue gamau cerita tentang program ini. yang jelas ada pesan moral yang bisa diambil : Kalau ingin mengerjakan sesuatu, jangan pikirkan sisi enaknya dulu.. tapi kita juga harus menimbang-nimbang sisi kebalikannya.. yaitu sisi pahitnya.

Bulan puasa ini bisa diitung deh berapa kali gue buka bareng keluarga karna memang program yang gue kerjain ini di luar kota jadi gue dan rekan-rekan nginap di rumah salah satu temen kita di payakumbuh (programnya jalan di bukittinggi..). eh bentar.. tadi kan gamau cerita.. ah bodo amat, udah keceplosan juga. Jadi mulai dari minggu kedua puasa kita udah di payakumbuh, tinggal disana selama bulan puasa ini. nyebar surat penawaran sana-sini, telpon sana-sini. dan kalau diitung-itung berat apa ngga.. ngga berat-berat amat siih, tepi cukup menguras badan dan tenaga, serta butuh kesabaran ekstra. 

Gue (kiri) lagi masang spanduk. bang Endo (kanan) ngeliatin doang -_-
Hmm.. skip aja.

Karena beberapa kelalaian dan beberapa kesalahan yang kami buat di awal, pada akhirnya kami ga dapet keuntungan lebih seperti yang sudah di harapkan.. yasudah..

"Yasudah, namanya juga usaha, kegagalan mah biasa.. mau jadi dokter juga ga bisa langsung nyuntik orang. jadi pilot juga, ga ada yang bisa langsung terbang.. semua butuh proses kali.." pikir gue dalem hati.

Ramadhan kali ini buat gue adalah ajang pembelajaran tentang memulai kehidupan. Yap, gue belajar.. segala hal.. (gue ngetik ini gemeteran, gatau kenapa..) 

Belajar tentang memulai mencari peluang kerja, belajar gimana caranya bagi waktu antara keluarga, kerjaan dan pacar (yang mungkin belum berhasil) , belajar gimana cara bersyukur atas semua keadaan yang ada. dan gue sekarang udah dapet hikmah dari semua yang terjadi di bulan ramadhan kali ini. makan seadanya, susahnya cari duit, bersyukur atas indahnya dunia, ngerasain gimana rasanya ga megang duit sepersen pun, punya temen-temen baru, belajar dari lika liku kehidupan orang lain, dan yang paling penting bersyukur karna gue masih di kasih hidup sampe sekarang. 

*ambil nafas..* 

Huuuft...

"Hidup itu keras bro.." kata bang dwindi yang gue kenal di payakumbuh. sedikit bocoran, beliau adalah 3D visualizer dari jogja yang bikin gue jatuh cinta juga sama dunia 3D hehe
"Gue bisa kayak sekarang juga butuh waktu yang lama, 3 tahun gue belajar sampe gue bisa kayak sekarang ini.." bang dwindi menyambung kata-katanya tadi.

Lain lagi pelajaran yang gue dapet dari kehidupan orang-orang di payakumbuh. kehidupan yang bikin gue ga lagi memandang orang lain itu sebelah mata. membuat gue ga ngeremehin orang lain. dunia ini memang kejam, tapi menyimpan banyak pelajaran yang bisa bikin kita menakhlukkan kejamnya dunia. 

Pesan dari gue : Yakin aja kalo kita bersyukur atas nikmat-Nya, Dia bakal ngasi kecukupan buat kehidupan kita, walaupun bukan dengan harta. maka, bersyukurlah sekarang :D

Thanks God for the lesson. 

Minal Aidzin wal Faidzin for you all.. :)

1 comment:

  1. Yap, memang benar. Semua butuh proses dan proses sendiri itulah yang paling penting. :)

    ReplyDelete