Friday 24 August 2012

Intinya adalah..



Gue suka memperhatikan orang, siapapun itu, cewek, cowok, tukang sate, sopir bus, satpam dan semua yang gue ingin perhatikan. gue memperhatikan bukan karena gue suka atau apa ya(gue masih normal, suka cewek), tapi lebih suka melihat apa yang dia lakukan, dan membandingkan dengan diri gue.

Hari ini gue galau dan sore tadi gue ke salah satu toko buku di padang untuk sekedar baca-baca buku, yaa emang cuma baca sih, ga beli.. ga punya duit..

Toko buku adalah surga bagi gue pribadi karna disana gue bisa bebas milih-milih buku yang mau gue baca. mau buku tebel kek, tipis kek, mau besar, kecil, gue bebas. dari kecil gue emang paling suka ke toko buku. dan tadi pas pertama masuk toko buku, gue langsung ke bagian pengembangan diri. kenapa gue ke bagian ini? karna gue suka berada disitu.

Mata gue tertuju pada satu buku yang judulnya "100 Resep Menuju Bahagia" dan tangan gue secara otomatis ngambil buku itu trus gue baca. gue baca buku itu dari nomor 1 sampe 10 dan setelah itu, mata gue gamau baca(mungkin dia tau, kalo mau baca sampe 100 gue harus beli buku itu), dan di susul oleh tangan gue yang balikin buku itu ke tempatnya lagi.

Gue lanjut lagi cari-cari  buku tentang Leadership, tapi ga nemu, yaudah gue ke bagian lain, gue ke bagian psikologi, trus lanjut ke kesehatan, trus ke bagian komputer sampai akhirnya gue terdampar di bagian hobi, dan gue ngambil buku tentang teknik menggambar. gue ambil itu karena gambar adalah salah satu hobi gue juga dan gue pengen belajar lagi tentang gambar. gue baca itu trus gue liat jam.. *gue kaget sampe salto* udah jam setengah tujuh??!!! udah magrib ternyata. akhirnya gue stop baca buku, gue lanjut jalan-jalan liat-liat novel, gue liat pengarang dan penerbitnya. dan setelah itu gue pulang.

Sebenernya apa ya, di toko buku itu gue melihat banyak sekali orang. ibuk-ibuk yang lagi gendong anaknya, bapak-bapak yang clingak-clinguk liat buku peternakan, pegawai sana yang lagi ngawasin pengunjung, atau wanita-wanita cantik yang menyejukkan mata dan hati. gue perhatiin mereka satu-satu, ada yang lagi berdebat pengen beli atau ngga, ada yang sibuk nyari-nyari buku, ada muda-mudi yang ketawa ketiwi berduaan sambil baca buku. gue liatin mereka semua sembari gue baca buku.

Lalu.. gue mikir,"enak yah mereka, bisa ketawa bareng orang-orang yang mereka sayang.. enak yah mereka, bisa bebas milih-milih buku terus di bawa pulang.." trus gue bandingin sama diri gue, dan yak, gue iri.. hehe gue ga munafik ya, gue iri sama mereka. trus gue liatin wajah-wajah ibuk-ibuk dan bapak-bapak yang ada disana. gue liatin wajah mereka yang kecoklatan dan sedikit keriput, dan gue mikir,"kira-kira bapak ini seumur kali ya sama bapak? bapak masih suka ke toko buku juga ga sih sekarang? biasa nya gue ke toko buku sama bapak.. seneng yah jadi anaknya, di ajakin ke toko buku..". gue liat lagi orang-orang seumuran gue.."mereka terlihat biasa, senyum, bingung nyari buku, pacaran, ngobrol sama temennya.. tapi.. yaudah lah.."

Hehe.. gue berhenti berfikir kayak gitu, karena gue tau kalo gue masih mikirin itu, air mata gue bakal netes secara otomatis. gue hilangkan semua pikiran negatif itu dan gue beranjak pulang dari toko buku. dan di atas motor.. entah kenapa pikiran negatif itu balik lagi. gue ngomong sendiri dan melontarkan banyak pertanyaan ke diri gue sendiri. pertanyaan-pertanyaan yang sama dan sampe sekarang gue belom bisa menemukan jawabannya apa.

Dengan kecepatan 40 km/jam dan ban motor sedikit kempes, gue jalan dan perhatikan lingkungan sekitar, dan.. ngomong ke diri gue sendiri,"harusnya elo bersyukur! lu masih beruntung di banding orang-orang ini! inget kata-kata lo sendiri, lo pernah bilang kalo hidup itu terlalu singkat untuk di bawa sedih. inget itu!" Sampe akhirnya gue berhenti ngomong sendiri, dan gue gatau kenapa, mulut gue nyanyi.. dan lagunya itu adalah lagunya Anggun - bayang bayang ilusi. gue nyanyiin lagu itu sampe rumah..

Intinya adalah..

"Ketika kita membandingkan diri kita dengan orang yang Lebih daripada kita, secara otomatis kita akan merasa iri. namun ketika kita membandingkan diri kita dengan orang yang Kurang daripada kita, percayalah bahwa sesungguhnya kita jauh lebih beruntung ketimbang mereka. maka bersyukur, adalah hal yang harus kita lakukan :)"

1 comment: